Laman

Kamis, 14 Maret 2013

MANAJEMEN KONFIGURASI


MANAJEMEN KONFIGURASI PESAWAT UDARA

KONFIGURASI : Adalah dokumentasi dari karakteristik fisik dan karakteristik fungsi dari produk (pesawat udara) dalam wujud perangkat keras (hardware) ataupun perangkat lunak (software)  yang memenuhi persyaratan (requirement) dan untuk mencapai tujuan (objectives) perancangan.

MANAJEMEN KONFIGURASI: Adalah pengelolaan konfigurasi dengan cara integrasi dan pengontrolan tersebut secara sinambung, sehingga dengan demikian konfigurasi suatu produk dapat direncanakan (Configuration Management Plan), diidentifikasi (Configuration Identification), dikontrol perubahannya (Change Control), dicatat (Configuration Status Accounting) dan diverifikasi/validasi (Configuration Audit).


1.     Configuration Management Plan: Adalah perwujudan secara pasti dari rencana konfigurasi dari masing-masing program untuk ditetapkan, yang memuat prosedur-prosedur manajemen konfigurasi terdefinisi sesuai dengan tahapan program; yang dipersyaratkan oleh Kebijakan Perusahaan,

2.     Configuration Identification : Adalah  menyediakan deskripsi teknis terkini dan unik mengidentifikasi nomor bagian dari setiap item konfigurasi sebagaimana diatur dalam spesifikasi, gambar, dokumen, data-set dan daftar terkait. Setiap perubahan wajib dan disepakati akan diberi identifikasi perubahan yang unik.

3.     Change Control : Evaluasi secara sistematik, koordinasi, persetujuan / ketidaksetujuan dan implementasi: (1) konfigurasi awal dan (2) setiap dan semua perubahan yang mempengaruhi konfigurasi.
lmplementasi perubahan termasuk perubahan rekayasa dan penyimpangan dan keringanan dengan dampak pada konfigurasi.

4.     Configuration Status Accounting : Adalah status akuntansi yang dilakukan dengan database untuk mencatat dan melaporkan baseline konfigurasi awal, pengolahan perubahan dan status pelaksanaan konfigurasi total struktur, peralatan Sistem dan / atau perangkat lunak, dan efektivitas perubahan yang tertib dan terkendali terhadap spesifikasi , gambar, dataset, dokumen dan daftar terkait untuk memberikan status akuntansi akurat dari semua data manajemen konfigurasi.

5.     Configuration Audit : Pemeriksaan formal elemen pesawat konfigurasi untuk memastikan bahwa karakteristik fisik dan fungsional dari konfigurasi yang ditentukan sesuai spesifikasi. Memenuhi semua dokumentasi yang dipersyaratkan dan bertujuan bahwa perubahan yang disetujui telah dilaksanakan.
Konfigurasi Audit terdiri dari:

      Fungsional - Pemeriksaan formal dari karaktertik fungsional dari item konfigurasi sebelum penerimaan, untuk memverifikasi barang telah mencapai persyaratan yang ditentukan dalam identifikasi konfigurasi fungsional dan dialokasikan nya.

      Fisik - Pemeriksaan formal konfigurasi "as-built" dari item konfigurasi terhadap dokumentasi teknis untuk membangun atau memverifikasi dasar produk item konfigurasi itu.

(1) bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar