Laman

Senin, 16 Januari 2012

TANAMAN YANG DILARANG

Ada tanaman yang sudah dilarang keberadaannya, karena membahayakan bagi penggunanya, efek negatif secara umum adalah pengguna akan menjadi malas dan otak akan lamban dalam berpikir.Namun, hal ini masih menjadi kontroversi, karena tidak sepenuhnya disepakati oleh beberapa kelompok tertentu yang mendukung pada umumnya. Selain diklaim sebagai pereda rasa sakit, dan pengobatan untuk penyakit tertentu (termasuk kanker), banyak juga pihak yang menyatakan adanya lonjakan kreativitas dalam berpikir serta dalam berkarya (terutama pada para seniman dan musisi).


Sejak dulu kala tanaman itu daunnya dipakai oleh penduduk sekitar yang memanfaatkannya sebagai penyedap masakan atau daunnya sebagai lalapan saat makan. Karena banyak orang yang menyalahgunakannya daunnya maka sekarang tanaman itu dilarang untuk ditanam oleh petani. Tanaman itu tumbuh liar di bukit-bukit asal tidak di pelihara oleh petani tak masalah tapi jika dirawat dan diam-diam diambil dan dimanfaatkan untuk keperluan lain maka yang membawa daunnya akan ditangkap oleh polisi dan masuk penjara. Meskipun dalam Qur'an dan Hadist tidak termasuk yang dilarang barang itu tapi esensi dan berbahayanya sama dengan memabukkan, merusak kesadaran kita. Berbeda dengan babi dan anjing sudah jelas-jelas dilarang memakannya tapi oleh pemerintah bagi yang membawa dan menjualnya tidak dilarang asalkan jelas bagi kosumsi bukan orang muslim.
Dan sudah pasti orang muslim akan menghidari kedua binatang tersebut baik dikonsumsi maupun memeliharanya.
Tetepi untuk tanaman yang satu ini siapapun yang kedapatan membawa daunnya akan terpidana sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Tanaman itu adalah "GANJA" , jadi jangan coba-coba membawa apalagi menyalahgunakannya.

Ada satu lagi tanaman yang sejenis yang efeknya tidak kalah hebat dari ganja di Jawa orang menyebutnya tanaman "KECUBUNG" - karena keberadaan tanaman itu tidak disalahgunakan oleh banyak orang maka tidak ada masalah. Kecubung dipakai oleh orang jaman dahulu untuk obat tidur, diatur kebutuhannya tidak boleh banyak-banyak memakainya, paling-paling satu biji kecil. Sekarang tanaman itupun sudah langka, bagi generasi sekarang pun tidak akan tahu bentuknya.
Yang penting azas manfaatnya tidak disalahgunakan , apabila disalahgunakan maka bisa-bisa mendapat larangan seperti tanaman ganja.
Seluruh apa yang tumbuh dimuka bumi ini untuk digunakan dan dimanfaatkan oleh seluruh makhluk yang ada.
Kalau kita melihat besar kekuasaan Allah niscaya kita akan segera mengucapkan “Allahu Akbar” “Subhanallah”. Allah menciptakan langit tanpa tiang serta semua bintang yg menghiasi dan Allah turunkan dari air hujan dan tumbuh dengan segala jenis tumbuh-tumbuhan. Bumi terhampar sangat luas segala jenis makhluk bertempat tinggal di atas berbagai keni’matan dikandung dan tiap orang dengan mudah bepergian ke mana yg dia inginkan.
Binatang ada dengan berbagai jenis bentuk dan warnanya. Tumbuh-tumbuhan dengan segala jenis dan buah-buahan dengan segala rasa dan warnanya. Laut yang sangat luas dan segala rizki yang ada di dlm semua mengingatkan kita kepada kebesaran Allah dan ke-Mahaagungan-Nya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar